Minggu, 14 September 2014

Contoh RPP Kurikulum 2013 Bhasa Indonesia SMA dengan Model "Discovery Learning"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan     :    SMA NEGERI 1 BATU
Mata Pelajaran           :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester        :    X / 1
Tema                          :    Negosiasi
Jumlah Pertemuan     :    3 x pertemuan  (6x45 menit)

Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

A.        Kompetensi Dasar dan Indikator

KD 1.3   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator        
a.      Mengucapkan salam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam teks negosiasi yang dibuatnya.
b.      Membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran dimulai. .
c.      Menggunakan kalimat yang menyatakan rasa syukur dengan menggunakan bahasa Indonesia ketika mencapai kesepakatan dalam melakukan negosiasi.

KD 2.3 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan dan kewirausahaan.
Indikator:
a.    Menggunakan data yang benar dalam bernegosiasi.
b.    Tidak mengakui karya orang lain sebagai karyanya (tidak plagiat)
c.    Mengikuti semua proses pembelajaran.
d.    Mengumpulkan tugas tepat waktu.
e.    Menggunakan bahasa Indonesia yang santun dalam teks negosiasi.
f.     Menunjukkan sikap yang ramah dalam bernegosiasi.
g.    Menghargai perbedaan pendapat.



KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, eksposisi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulis
Indikator:
a.    Dapat merumuskan struktur teks negosiasi dalam dalam teks negosiasi untuk menyelesaikan permasalahan. .
b.    Dapat menjelaskan ciri kebahasaaan  dalam teks negosiasi.
c.    Dapat membuat pedoman bernegosiasi (isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan dalam teks lisan dan tulis.

KD 4.1Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, eksposisi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulis
Indikator:
a.      Dapat menjawab pertanyaan terkait isi teks negosiasi..
b.      Dapat menyampaikan ringkasan isi teks negosiasi.
c.      Dapat membuat pedoman bernegosiasi (isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan dalam teks lisan dan tulis.

C.   Tujuan Pembelajaran
1.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa mengucapkan salam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam teks negosiasi yang dibuatnya.
2.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran dimulai. .
3.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menggunakan kalimat yang menyatakan rasa syukur dengan menggunakan bahasa Indonesia ketika mencapai kesepakatan dalam melakukan negosiasi.
4.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menggunakan data yang benar dalam bernegosiasi.
5.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa tidak mengakui karya orang lain sebagai karyanya (tidak plagiat)
6.    Peserta didik terbiasa Mengikuti semua proses pembelajaran.
7.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa mengumpulkan tugas tepat waktu.
8.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang santun dalam teks negosiasi.
9.    Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menunjukkan sikap yang ramah dalam bernegosiasi.
10.  Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menghargai perbedaan pendapat.
11.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat merumuskan struktur teks negosiasi dalam dalam teks negosiasi untuk menyelesaikan permasalahan. .
12.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat menjelaskan ciri kebahasaaan  dalam teks negosiasi.
13.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat membuat pedoman bernegosiasi (isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan dalam teks lisan dan tulis.
14.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat menjawab pertanyaan terkait isi teks negosiasi..
15.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat menyampaikan ringkasan isi teks negosiasi.
16.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat membuat pedoman bernegosiasi (isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan dalam teks lisan dan tulis.


D.   Materi Pembelajaran
1.    Fakta
a.    Teks negosiiasi
2.    Konsep
a. Struktur (unsur-unsur) teks negosiasi perburuhan: pembuka, isi, penutup; dalam bidang jual beli
b.    Ciri bahasa teks negosiasi a. Ungkapan salam pembuka dan salam penutup. Ada juga (a) Pasangan tuturan dalam negosiasi, (b) Kalimat persuasif, dan (d) Kalimat pertanyaan.         
3.    Prinsip
a.    Kompromi harus dapat dipraktikan.
b.    Memperhatian bahasa verbal dan nonverbal.
4.    Prosedural
                Pedoman bernegosiasi.
      
E.    Metode Pembelajaran
       1.  Pendekatan     :  pendekatan ilmiah (scientifict approach)
       2.  Model              :  discovery learning.

F.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama

Pendahuluan (15 menit)
·           Salah seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
·           Pendidik mengecek kehadiran peserta didik.
·           Sebelum mengeksplorasi teks negosiasi, Pendidik dengan mengajukan pertanyaan pada peserta didik berkaitan dengan pengalaman mereka melakukan negosiasi dengan orang-orang di sekitarnya.
·           Pendidik mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan alasan mengapa negosiasi yang dilakukan peserta didik tersebut berhasil atau gagal.
·           Pendidik membimbing peserta didik untuk mensyukuri anugerah yang diberikan terkait dengan kebebasan berpendapat yang dimiliki sehingga bisa melakukan negosiasi dengan baik dan mencapai kompromi.
·           Pendidik menyampaikan materi pembelajaran hari itu  : teks negosiasi.
·           Menyampaikan  tujuan pembelajaran dan indikator pembelajaran (menuliskannya di papan).
·           Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

Kegiatan Inti (65 menit)
Stimulasi
·         Peserta didik menyimak tayangan video  “Negosiasi Karyawan dengan Bos” (yang disediakan oleh Pendidik. (mengamati)
·         Peserta didik membaca teks negosiasi (mengamati)
·         Peserta didik mencermati penjelasan tentang teks negosiasi “Negosiasi dan Cara Melakukannya” dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik  halaman 134-135.  (mengamati)
·         Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik  tentang tugas yang harus dikerjakan. (mengamati)
Pernyataan/ Identifikasi masalah
·         Secara berkelompok, peserta didik bertanya jawab untuk merumuskan batasan teks negosiasi. (menanya)
·         Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan struktur teks negosiasi yang terdapat dalam teks negosiasi yang diamatinya. (menanya)
·         Secara berkelompok, peserta didik mengerjakan tugas dalam lembar kerja peserta didik yang telah disediakan oleh Pendidik. (menanya)
·         Secara berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil kerja kelompoknya. (mengasosiasikan)
·         Secara acak, Pendidik menunjuk satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi. (mengomunikasikan)
Pengumpulan Data
·         Secara berkelompok, peserta didik mencari informasi tambahan(teori) tentang  struktur teks negosiasi dari sumber lainnya (di buku peserta didik  hal. 133, internet, atau buku lainnya). (mengumpulkan informasi)
·         Secara berkelompok, peserta didik mencari contoh teks negosiasi dari berbagai sumber lainnya (buku dan internet). (mengumpulkan informasi)
·         Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan struktur teks negosiasi dalam teks negosiasi yang ditemukannya. (mengasosiasikan)
Data Procesing (Pengolahan Data)
·      Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan hal-hal apa yang diuraikan pada tiap  bagian struktur teks negosiasi dengan baik.(mengasosiasikan)
·      Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan penggunaan teks negosiasi. (mengasosiasikan)
·      Secara berkelompok peserta didik menyusun laporan hasil kerja. (mengasosiasikan)
Prmbuktian                         
·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. (mengomunikasikan)
·         Pendidik memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. (mengomunikasikan)
Penutup(10 menit)    
·           Peserta didik di bawah bimbingan Pendidik membuat rangkuman tentang pengertian, struktur, dan kaidah (kebahasaan) teks negosiasi.
·           Pendidik memberikan PR agar peserta didik menganalisis ciri kebahasaan dalam teks negosiasi.
·           Pendidik menyampaikan rencana materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 2

Pendahuluan (15 menit)
·           Salah seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
·           Pendidik mengecek kehadiran peserta didik.
·           Pendidik mengajukan pertanyaan terkait pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya. Misalnya: “Siapa yang masih ingat konsep teks negosiasisi yang kita pelajari minggu lalu?”,  “Sebutkan struktur teks negosiasi?”, dan “Apa isi bagian isi dalam teks negosiasi?”
·           Pendidik membimbing peserta didik untuk mensyukuri anugerah yang diberikan terkait dengan pemahaman mereka tentang teks negosiasi dengan harapan mereka akan mampu melakukan negosiasi dengan baik.
·           Pendidik menyampaikan materi pembelajaran hari itu  yaitu tentang ciri kebahasaan teks negosiasii.
·           Menyampaikan  tujuan dan indikator  pembelajaran.
·           Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.
Kegiatan Inti  (65’)
Stimulasi
·           Peserta didik membaca contoh  teks “Negosiasi antara Karyawan dan Perusahaan” di halaman 137-139 buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik.(mengamati)
·           Mencermati uraian yang berkaitan dengan  penggunaan bahasa dalam dalam tugas 2 halaman 142-143 buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. .(mengamati)
Identifikasi Masalah
·           Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan penggunaan ungkapan salam pembuka dan salam penutup dalam teks negosiasi “Negosiasi antara Karyawan dan Perusahaan” di halaman 137-139 buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik.(menanya)
·           Secara berkelompok, peserta didik mendata dan mendiskusikan penggunaan pasangan tuturan antara kedua belah pihak yang bernegosiasi.
·           Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan penggunaan kalimat persuasif dalam  yang menyatakan persepsi dalam dalam teks negosiasi “Negosiasi antara Karyawan dan Perusahaan” di halaman 137-139 buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. (menanya)
Pengumpulan data
·           Secara berkelompok peserta didik mencari contoh teks negosiasi lainnya baik tulis maupun lisan (video) dari internet. (mengumpulkan informasi)
·           Secara berkelompok peserta didik mencari teori tentang penggunaan ungkapan dan  kalimat persuasif dari berbagai sumber (buku peserta didik, internet). (menanya)
·           Secara berkelompok, peserta didik membuat contoh ungkapan salam pembuka dan salam penutup dalam teks negosiasi. (menanya)
·           Secara berkelompok peserta didik membuat kalimat persuasif. (menanya)
·           Secara berkelompok peserta didik membuat contoh tuturan berpasangan dalam teks negosiasi. (menanya)
Pengolahan data
·           Secara berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil kerja kelompoknya. (mengasosiasikan)
·           Secara berkelompok, peserta didik menyimpulkan  manfaat penggunaan ungkapan dan kalimat persuasif dalam melakukan negosiasi. (mengasosiasikan)
Pembuktian
·           Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain memberikan tanggapan.
·           Pendidik memberikan penegasan hasil diskusi peserta didik.
Penutup(15 menit)    
·           Membuat rangkuman penggunaan ungkapan salam pembuka dan salam penutup, kalimat persuasif dan tuturan berpasangan dalam teks negosiasi.
·           Pendidik menyampaikan rencana materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.


G.   Media, Alat, dan Sumber Belajar
       Media :
            1.  Video/rekaman “Negosiasi karyawan dengan Bos”
            2.  Teks negosiasi “Negosiasi karyawan dengan pengusaha”.          
      Alat :
1.    LCD
2.    Laptop
3.    Lembar kerja peserta didik
     Sumber :
1.   Buku Teks  Bahasa Indonesia SMA, Ekpresi Diri dan Akademik, SMA/MA Kelas X. 2013. Kemendikbud.
2.    http://www.galeripustaka.com/2013/03/pengertian-tujuan-dan-manfaat-negosiasi.html
3.    http://ulielambry.wordpress.com/2011/10/30/negosiasi/
4.    Sujana, Asep ST., 2004. Retail Negotiator Guidance. Jakarta : PT. SUN Printing
5.   Kamus Besar bahasa Indonesia.

H.   Penilaian

No
Kompetensi
Teknik
Instrumen
Keterangan
1.



3.


4.
KI-1
dan KI-2


KI-3


KI-4
Observasi
Penilaian diri
Penilaian teman

Tes tulis


Portofolio


Lembar observasi
Kuesioner
Kuesioner

Tugas (esai)
UH
UTS (PG)
Kumpulan tugas terbaik

Terlampir
Terlampir dilakukan pada pertemuan terakhir materi teks negosiasi.
Terlampir
Terlampir
Terlampir bersama KD lain




Instrumen: terlampir
      

Batu, 6 Januari 2014
Mengetahui,                                                                           
Kepala Sekolah                                                                       Pendidik Bidang Studi,


Drs. Suprantiyo,MM                                                               Istiqomah, S.Pd, M.Pd

NIP 19590923 198703 1 009                                                  NIP 197001151997022003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar