RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan     :    SMA NEGERI 1 BATU
Mata
Pelajaran           :    Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester        :    X / 1
Tema                          :    Negosiasi
Jumlah
Pertemuan     :    3 x pertemuan  (6x45 menit)
Kompetensi Inti
| 
   
KI 1 : 
 | 
  
   
Menghayati
  dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya  
 | 
 
| 
   
KI 2 : 
 | 
  
   
Menghayati
  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
  royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
  menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
  menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia 
 | 
 
| 
   
KI 3 : 
 | 
  
   
Memahami,
  menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
  prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
  budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
  terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
  prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
  untuk memecahkan masalah 
 | 
 
| 
   
KI 4 : 
 | 
  
   
Mengolah,
  menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
  bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
  kaidah keilmuan. 
 | 
 
A.       
Kompetensi Dasar dan Indikator 
KD 1.3   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator         
a.     
Mengucapkan salam menggunakan bahasa Indonesia
dengan baik dan benar dalam teks negosiasi yang dibuatnya.
b.     
Membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran
dimulai. .
c.     
Menggunakan kalimat yang menyatakan rasa
syukur dengan menggunakan bahasa Indonesia ketika mencapai kesepakatan dalam
melakukan negosiasi.
KD 2.3 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah
perburuhan, perdagangan dan kewirausahaan.
Indikator: 
a.   
Menggunakan data yang benar dalam bernegosiasi. 
b.   
Tidak mengakui karya orang lain sebagai
karyanya (tidak plagiat) 
c.   
Mengikuti semua proses pembelajaran. 
d.   
Mengumpulkan tugas tepat waktu.
e.   
Menggunakan bahasa Indonesia yang santun dalam
teks negosiasi.
f.    
Menunjukkan sikap yang ramah dalam
bernegosiasi.
g.   
Menghargai perbedaan pendapat. 
KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, eksposisi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulis
Indikator:
a.    Dapat merumuskan struktur teks negosiasi dalam dalam teks
negosiasi untuk menyelesaikan permasalahan. .
b.   
Dapat menjelaskan ciri
kebahasaaan  dalam teks negosiasi.
c.    Dapat membuat
pedoman bernegosiasi (isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan,
dan kewirausahaan dalam teks lisan dan tulis.
KD 4.1Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, eksposisi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulis
Indikator:
a.      Dapat menjawab pertanyaan terkait isi teks negosiasi..
b.      Dapat menyampaikan ringkasan isi teks negosiasi. 
c.      Dapat membuat
pedoman bernegosiasi (isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan,
dan kewirausahaan dalam teks lisan dan tulis.
C.   Tujuan
Pembelajaran
1.    Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa mengucapkan salam menggunakan bahasa Indonesia
dengan baik dan benar dalam teks negosiasi yang dibuatnya.
2.    Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa membaca doa sebelum dan
sesudah pelajaran dimulai. .
3.    Selama dan setelah
proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menggunakan kalimat yang menyatakan rasa syukur
dengan menggunakan bahasa Indonesia ketika mencapai kesepakatan dalam melakukan
negosiasi.
4.    Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menggunakan data yang benar dalam bernegosiasi. 
5.    Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa tidak mengakui karya orang lain sebagai
karyanya (tidak plagiat) 
6.    Peserta didik terbiasa Mengikuti semua proses pembelajaran. 
7.    Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa mengumpulkan tugas tepat waktu.
8.    Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang santun
dalam teks negosiasi.
9.    Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menunjukkan sikap yang ramah dalam
bernegosiasi.
10.  Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menghargai perbedaan pendapat. 
11.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat merumuskan struktur teks negosiasi dalam dalam
teks negosiasi untuk menyelesaikan permasalahan. .
12.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat menjelaskan ciri kebahasaaan  dalam teks negosiasi.
13.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat membuat pedoman bernegosiasi
(isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan
dalam teks lisan dan tulis.
14.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat menjawab pertanyaan terkait isi teks negosiasi..
15.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat menyampaikan ringkasan isi teks negosiasi. 
16.  Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat membuat pedoman bernegosiasi
(isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan dalam teks
lisan dan tulis.
D.   Materi Pembelajaran
1.   
Fakta
a.   
Teks
negosiiasi
2.   
Konsep
a. Struktur
(unsur-unsur) teks negosiasi perburuhan: pembuka, isi, penutup; dalam bidang
jual beli 
b.    Ciri bahasa teks negosiasi a. Ungkapan salam pembuka dan salam penutup. Ada
juga (a) Pasangan tuturan dalam negosiasi, (b) Kalimat persuasif, dan (d) Kalimat
pertanyaan.          
3.   
Prinsip
a.    Kompromi harus dapat dipraktikan.
b.    Memperhatian bahasa verbal dan
nonverbal.
4.   
Prosedural
                Pedoman bernegosiasi.
E.    Metode Pembelajaran
       1.  Pendekatan     :  pendekatan ilmiah (scientifict approach) 
       2.  Model              :  discovery
learning. 
F.    Langkah-langkah Pembelajaran 
Pertemuan
Pertama
| 
   
Pendahuluan (15 menit) 
·          
  Salah
  seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia
  yang baik dan benar. 
·          
  Pendidik
  mengecek kehadiran peserta didik. 
·          
  Sebelum mengeksplorasi teks negosiasi, Pendidik
  dengan mengajukan pertanyaan pada peserta didik berkaitan dengan pengalaman
  mereka melakukan negosiasi dengan orang-orang di sekitarnya. 
·          
  Pendidik
  mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan alasan mengapa negosiasi yang
  dilakukan peserta didik tersebut berhasil atau gagal. 
·          
  Pendidik
  membimbing peserta didik untuk mensyukuri anugerah yang diberikan terkait
  dengan kebebasan berpendapat yang dimiliki sehingga bisa melakukan negosiasi
  dengan baik dan mencapai kompromi.  
·          
  Pendidik
  menyampaikan materi pembelajaran hari itu 
  : teks negosiasi.  
·          
  Menyampaikan  tujuan pembelajaran dan indikator
  pembelajaran (menuliskannya di papan). 
·          
  Menyepakati
  kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok
  kerja peserta didik). 
 | 
 
| 
   
Kegiatan
  Inti (65 menit)  
Stimulasi
   
·        
  Peserta didik menyimak tayangan video  “Negosiasi Karyawan dengan Bos” (yang
  disediakan oleh Pendidik. (mengamati) 
·        
  Peserta didik membaca teks negosiasi (mengamati) 
·        
  Peserta
  didik mencermati penjelasan tentang teks negosiasi “Negosiasi dan Cara Melakukannya” dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik  halaman 134-135.  (mengamati) 
·        
  Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik  tentang tugas yang harus dikerjakan. (mengamati) 
Pernyataan/
  Identifikasi masalah 
·        
  Secara
  berkelompok, peserta didik bertanya jawab untuk merumuskan batasan teks
  negosiasi. (menanya) 
·        
  Secara
  berkelompok peserta didik mendiskusikan struktur teks negosiasi yang terdapat
  dalam teks negosiasi yang diamatinya. (menanya) 
·        
  Secara
  berkelompok, peserta didik mengerjakan tugas dalam lembar kerja peserta didik
  yang telah disediakan oleh Pendidik. (menanya) 
·        
  Secara
  berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil kerja kelompoknya. (mengasosiasikan) 
·        
  Secara
  acak, Pendidik menunjuk satu kelompok untuk mempresentasikan hasil
  diskusinya, kelompok lain menanggapi. (mengomunikasikan) 
Pengumpulan
  Data  
·        
  Secara
  berkelompok, peserta didik mencari informasi tambahan(teori) tentang  struktur teks negosiasi dari sumber lainnya
  (di buku peserta didik  hal. 133,
  internet, atau buku lainnya). (mengumpulkan
  informasi) 
·        
  Secara
  berkelompok, peserta didik mencari contoh teks negosiasi dari berbagai sumber
  lainnya (buku dan internet). (mengumpulkan
  informasi) 
·        
  Secara
  berkelompok, peserta didik mendiskusikan struktur teks negosiasi dalam teks
  negosiasi yang ditemukannya. (mengasosiasikan) 
Data
  Procesing (Pengolahan Data) 
·     
  Secara
  berkelompok, peserta didik mendiskusikan hal-hal apa yang diuraikan pada
  tiap  bagian struktur teks negosiasi
  dengan baik.(mengasosiasikan) 
·     
  Secara
  berkelompok peserta didik mendiskusikan penggunaan teks negosiasi. (mengasosiasikan) 
·     
  Secara
  berkelompok peserta didik menyusun laporan hasil kerja. (mengasosiasikan) 
Prmbuktian                           
·        
  Peserta
  didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik
  dari kelompok lain memberikan tanggapan. (mengomunikasikan) 
·        
  Pendidik
  memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. (mengomunikasikan) 
 | 
 
| 
   
Penutup(10 menit)      
·          
  Peserta didik di bawah bimbingan Pendidik membuat
  rangkuman tentang
  pengertian, struktur, dan kaidah (kebahasaan) teks negosiasi. 
·          
  Pendidik memberikan PR agar peserta didik menganalisis
  ciri kebahasaan dalam teks negosiasi. 
·          
  Pendidik
  menyampaikan rencana materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. 
 | 
 
Pertemuan ke 2
| 
   
Pendahuluan (15 menit) 
·          
  Salah
  seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia
  yang baik dan benar. 
·          
  Pendidik
  mengecek kehadiran peserta didik. 
·          
  Pendidik
  mengajukan pertanyaan terkait pemahaman peserta didik terhadap materi
  sebelumnya. Misalnya: “Siapa yang masih ingat konsep teks negosiasisi yang
  kita pelajari minggu lalu?”,  “Sebutkan
  struktur teks negosiasi?”, dan “Apa isi bagian isi dalam teks negosiasi?” 
·          
  Pendidik
  membimbing peserta didik untuk mensyukuri anugerah yang diberikan terkait
  dengan pemahaman mereka tentang teks negosiasi dengan harapan mereka akan
  mampu melakukan negosiasi dengan baik.  
·          
  Pendidik
  menyampaikan materi pembelajaran hari itu 
  yaitu tentang ciri kebahasaan teks negosiasii.  
·          
  Menyampaikan  tujuan dan indikator  pembelajaran. 
·          
  Menyepakati
  kegiatan yang akan dilakukan. 
 | 
 
| 
   
Kegiatan Inti  (65’) 
Stimulasi 
·          
  Peserta
  didik membaca contoh  teks “Negosiasi
  antara Karyawan dan Perusahaan” di halaman 137-139 buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik.(mengamati) 
·          
  Mencermati
  uraian yang berkaitan dengan 
  penggunaan bahasa dalam dalam tugas 2 halaman 142-143 buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
  Akademik. .(mengamati) 
Identifikasi Masalah 
·          
  Secara
  berkelompok, peserta didik mendiskusikan penggunaan ungkapan salam pembuka
  dan salam penutup dalam teks negosiasi “Negosiasi antara Karyawan dan
  Perusahaan” di halaman 137-139 buku Bahasa
  Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik.(menanya) 
·          
  Secara
  berkelompok, peserta didik mendata dan mendiskusikan penggunaan pasangan
  tuturan antara kedua belah pihak yang bernegosiasi.  
·          
  Secara
  berkelompok, peserta didik mendiskusikan penggunaan kalimat persuasif
  dalam  yang menyatakan persepsi dalam dalam teks negosiasi “Negosiasi antara
  Karyawan dan Perusahaan” di halaman 137-139 buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik.
  (menanya) 
Pengumpulan data 
·          
  Secara
  berkelompok peserta didik mencari contoh teks negosiasi lainnya baik tulis
  maupun lisan (video) dari internet. (mengumpulkan
  informasi) 
·          
  Secara
  berkelompok peserta didik mencari teori tentang penggunaan ungkapan dan  kalimat persuasif dari berbagai sumber
  (buku peserta didik, internet). (menanya) 
·          
  Secara
  berkelompok, peserta didik membuat contoh ungkapan salam pembuka dan salam
  penutup dalam teks negosiasi. (menanya) 
·          
  Secara
  berkelompok peserta didik membuat kalimat persuasif. (menanya) 
·          
  Secara
  berkelompok peserta didik membuat contoh tuturan berpasangan dalam teks
  negosiasi. (menanya) 
Pengolahan
  data 
·          
  Secara
  berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil kerja kelompoknya.
  (mengasosiasikan) 
·          
  Secara
  berkelompok, peserta didik menyimpulkan 
  manfaat penggunaan ungkapan dan kalimat persuasif dalam melakukan
  negosiasi. (mengasosiasikan) 
Pembuktian 
·          
  Salah
  satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain
  memberikan tanggapan.  
·          
  Pendidik
  memberikan penegasan hasil diskusi peserta didik.  
 | 
 
| 
   
Penutup(15 menit)      
·          
  Membuat rangkuman
  penggunaan ungkapan salam pembuka dan salam penutup, kalimat persuasif dan
  tuturan berpasangan dalam teks negosiasi. 
·          
  Pendidik
  menyampaikan rencana materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. 
 | 
 
G.   Media, Alat, dan Sumber Belajar
       Media
:
            1.  Video/rekaman “Negosiasi karyawan dengan Bos” 
            2.  Teks negosiasi “Negosiasi karyawan dengan
pengusaha”.           
      Alat :
1.   
LCD
2.   
Laptop
3.   
Lembar
kerja peserta didik
    
Sumber :
1.  
Buku
Teks  Bahasa
Indonesia SMA, Ekpresi Diri dan Akademik, SMA/MA Kelas X. 2013.
Kemendikbud.
2.    http://www.galeripustaka.com/2013/03/pengertian-tujuan-dan-manfaat-negosiasi.html
3.   
http://ulielambry.wordpress.com/2011/10/30/negosiasi/
4.    Sujana, Asep ST., 2004. Retail Negotiator Guidance.
Jakarta : PT. SUN Printing
5.  
Kamus
Besar bahasa Indonesia.
H.   Penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Kompetensi 
 | 
  
   
Teknik 
 | 
  
   
Instrumen 
 | 
  
   
Keterangan 
 | 
 
| 
   
1. 
3. 
4. 
 | 
  
   
KI-1  
dan KI-2 
KI-3 
KI-4 
 | 
  
   
Observasi 
Penilaian diri 
Penilaian teman 
Tes tulis 
Portofolio 
 | 
  
   
Lembar observasi  
Kuesioner 
Kuesioner 
Tugas (esai) 
UH  
UTS (PG) 
Kumpulan tugas terbaik 
 | 
  
   
Terlampir 
Terlampir dilakukan pada pertemuan
  terakhir materi teks negosiasi. 
Terlampir 
Terlampir 
Terlampir bersama KD lain 
 | 
 
Instrumen:
terlampir
Batu, 6 Januari 2014
Mengetahui,                                                                            
Kepala Sekolah                                                                       Pendidik
Bidang Studi,
Drs. Suprantiyo,MM                                                               Istiqomah,
S.Pd, M.Pd
NIP 19590923 198703 1 009                                                  NIP
197001151997022003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar