RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI 1 BATU
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : X / 1
Tema : Negosiasi
Jumlah
Pertemuan : 3 x pertemuan (6x45 menit)
Kompetensi Inti
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator
KD 1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
a.
Mengucapkan salam menggunakan bahasa Indonesia
dengan baik dan benar dalam teks negosiasi yang dibuatnya.
b.
Membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran
dimulai. .
c.
Menggunakan kalimat yang menyatakan rasa
syukur dengan menggunakan bahasa Indonesia ketika mencapai kesepakatan dalam
melakukan negosiasi.
KD 2.3 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah
perburuhan, perdagangan dan kewirausahaan.
Indikator:
a.
Menggunakan data yang benar dalam bernegosiasi.
b.
Tidak mengakui karya orang lain sebagai
karyanya (tidak plagiat)
c.
Mengikuti semua proses pembelajaran.
d.
Mengumpulkan tugas tepat waktu.
e.
Menggunakan bahasa Indonesia yang santun dalam
teks negosiasi.
f.
Menunjukkan sikap yang ramah dalam
bernegosiasi.
g.
Menghargai perbedaan pendapat.
KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, eksposisi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulis
Indikator:
a. Dapat merumuskan struktur teks negosiasi dalam dalam teks
negosiasi untuk menyelesaikan permasalahan. .
b.
Dapat menjelaskan ciri
kebahasaaan dalam teks negosiasi.
c. Dapat membuat
pedoman bernegosiasi (isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan,
dan kewirausahaan dalam teks lisan dan tulis.
KD 4.1Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, eksposisi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulis
Indikator:
a. Dapat menjawab pertanyaan terkait isi teks negosiasi..
b. Dapat menyampaikan ringkasan isi teks negosiasi.
c. Dapat membuat
pedoman bernegosiasi (isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan,
dan kewirausahaan dalam teks lisan dan tulis.
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa mengucapkan salam menggunakan bahasa Indonesia
dengan baik dan benar dalam teks negosiasi yang dibuatnya.
2. Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa membaca doa sebelum dan
sesudah pelajaran dimulai. .
3. Selama dan setelah
proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menggunakan kalimat yang menyatakan rasa syukur
dengan menggunakan bahasa Indonesia ketika mencapai kesepakatan dalam melakukan
negosiasi.
4. Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menggunakan data yang benar dalam bernegosiasi.
5. Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa tidak mengakui karya orang lain sebagai
karyanya (tidak plagiat)
6. Peserta didik terbiasa Mengikuti semua proses pembelajaran.
7. Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa mengumpulkan tugas tepat waktu.
8. Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang santun
dalam teks negosiasi.
9. Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menunjukkan sikap yang ramah dalam
bernegosiasi.
10. Selama dan
setelah proses pembelajaran, peserta didik terbiasa menghargai perbedaan pendapat.
11. Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat merumuskan struktur teks negosiasi dalam dalam
teks negosiasi untuk menyelesaikan permasalahan. .
12. Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat menjelaskan ciri kebahasaaan dalam teks negosiasi.
13. Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat membuat pedoman bernegosiasi
(isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan
dalam teks lisan dan tulis.
14. Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat menjawab pertanyaan terkait isi teks negosiasi..
15. Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat menyampaikan ringkasan isi teks negosiasi.
16. Setelah membaca dan mendiskusikan teks negosiasi.peserta didik dapat membuat pedoman bernegosiasi
(isi pedoman negosiasi) tentang perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan dalam teks
lisan dan tulis.
D. Materi Pembelajaran
1.
Fakta
a.
Teks
negosiiasi
2.
Konsep
a. Struktur
(unsur-unsur) teks negosiasi perburuhan: pembuka, isi, penutup; dalam bidang
jual beli
b. Ciri bahasa teks negosiasi a. Ungkapan salam pembuka dan salam penutup. Ada
juga (a) Pasangan tuturan dalam negosiasi, (b) Kalimat persuasif, dan (d) Kalimat
pertanyaan.
3.
Prinsip
a. Kompromi harus dapat dipraktikan.
b. Memperhatian bahasa verbal dan
nonverbal.
4.
Prosedural
Pedoman bernegosiasi.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : pendekatan ilmiah (scientifict approach)
2. Model : discovery
learning.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Pendahuluan (15 menit)
·
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
·
Pendidik
mengecek kehadiran peserta didik.
·
Sebelum mengeksplorasi teks negosiasi, Pendidik
dengan mengajukan pertanyaan pada peserta didik berkaitan dengan pengalaman
mereka melakukan negosiasi dengan orang-orang di sekitarnya.
·
Pendidik
mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan alasan mengapa negosiasi yang
dilakukan peserta didik tersebut berhasil atau gagal.
·
Pendidik
membimbing peserta didik untuk mensyukuri anugerah yang diberikan terkait
dengan kebebasan berpendapat yang dimiliki sehingga bisa melakukan negosiasi
dengan baik dan mencapai kompromi.
·
Pendidik
menyampaikan materi pembelajaran hari itu
: teks negosiasi.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator
pembelajaran (menuliskannya di papan).
·
Menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok
kerja peserta didik).
|
Kegiatan
Inti (65 menit)
Stimulasi
·
Peserta didik menyimak tayangan video “Negosiasi Karyawan dengan Bos” (yang
disediakan oleh Pendidik. (mengamati)
·
Peserta didik membaca teks negosiasi (mengamati)
·
Peserta
didik mencermati penjelasan tentang teks negosiasi “Negosiasi dan Cara Melakukannya” dalam buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik halaman 134-135. (mengamati)
·
Peserta didik menyimak penjelasan Pendidik tentang tugas yang harus dikerjakan. (mengamati)
Pernyataan/
Identifikasi masalah
·
Secara
berkelompok, peserta didik bertanya jawab untuk merumuskan batasan teks
negosiasi. (menanya)
·
Secara
berkelompok peserta didik mendiskusikan struktur teks negosiasi yang terdapat
dalam teks negosiasi yang diamatinya. (menanya)
·
Secara
berkelompok, peserta didik mengerjakan tugas dalam lembar kerja peserta didik
yang telah disediakan oleh Pendidik. (menanya)
·
Secara
berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil kerja kelompoknya. (mengasosiasikan)
·
Secara
acak, Pendidik menunjuk satu kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusinya, kelompok lain menanggapi. (mengomunikasikan)
Pengumpulan
Data
·
Secara
berkelompok, peserta didik mencari informasi tambahan(teori) tentang struktur teks negosiasi dari sumber lainnya
(di buku peserta didik hal. 133,
internet, atau buku lainnya). (mengumpulkan
informasi)
·
Secara
berkelompok, peserta didik mencari contoh teks negosiasi dari berbagai sumber
lainnya (buku dan internet). (mengumpulkan
informasi)
·
Secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan struktur teks negosiasi dalam teks
negosiasi yang ditemukannya. (mengasosiasikan)
Data
Procesing (Pengolahan Data)
·
Secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan hal-hal apa yang diuraikan pada
tiap bagian struktur teks negosiasi
dengan baik.(mengasosiasikan)
·
Secara
berkelompok peserta didik mendiskusikan penggunaan teks negosiasi. (mengasosiasikan)
·
Secara
berkelompok peserta didik menyusun laporan hasil kerja. (mengasosiasikan)
Prmbuktian
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik
dari kelompok lain memberikan tanggapan. (mengomunikasikan)
·
Pendidik
memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. (mengomunikasikan)
|
Penutup(10 menit)
·
Peserta didik di bawah bimbingan Pendidik membuat
rangkuman tentang
pengertian, struktur, dan kaidah (kebahasaan) teks negosiasi.
·
Pendidik memberikan PR agar peserta didik menganalisis
ciri kebahasaan dalam teks negosiasi.
·
Pendidik
menyampaikan rencana materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
|
Pertemuan ke 2
Pendahuluan (15 menit)
·
Salah
seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
·
Pendidik
mengecek kehadiran peserta didik.
·
Pendidik
mengajukan pertanyaan terkait pemahaman peserta didik terhadap materi
sebelumnya. Misalnya: “Siapa yang masih ingat konsep teks negosiasisi yang
kita pelajari minggu lalu?”, “Sebutkan
struktur teks negosiasi?”, dan “Apa isi bagian isi dalam teks negosiasi?”
·
Pendidik
membimbing peserta didik untuk mensyukuri anugerah yang diberikan terkait
dengan pemahaman mereka tentang teks negosiasi dengan harapan mereka akan
mampu melakukan negosiasi dengan baik.
·
Pendidik
menyampaikan materi pembelajaran hari itu
yaitu tentang ciri kebahasaan teks negosiasii.
·
Menyampaikan tujuan dan indikator pembelajaran.
·
Menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan.
|
Kegiatan Inti (65’)
Stimulasi
·
Peserta
didik membaca contoh teks “Negosiasi
antara Karyawan dan Perusahaan” di halaman 137-139 buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik.(mengamati)
·
Mencermati
uraian yang berkaitan dengan
penggunaan bahasa dalam dalam tugas 2 halaman 142-143 buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
Akademik. .(mengamati)
Identifikasi Masalah
·
Secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan penggunaan ungkapan salam pembuka
dan salam penutup dalam teks negosiasi “Negosiasi antara Karyawan dan
Perusahaan” di halaman 137-139 buku Bahasa
Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik.(menanya)
·
Secara
berkelompok, peserta didik mendata dan mendiskusikan penggunaan pasangan
tuturan antara kedua belah pihak yang bernegosiasi.
·
Secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan penggunaan kalimat persuasif
dalam yang menyatakan persepsi dalam dalam teks negosiasi “Negosiasi antara
Karyawan dan Perusahaan” di halaman 137-139 buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik.
(menanya)
Pengumpulan data
·
Secara
berkelompok peserta didik mencari contoh teks negosiasi lainnya baik tulis
maupun lisan (video) dari internet. (mengumpulkan
informasi)
·
Secara
berkelompok peserta didik mencari teori tentang penggunaan ungkapan dan kalimat persuasif dari berbagai sumber
(buku peserta didik, internet). (menanya)
·
Secara
berkelompok, peserta didik membuat contoh ungkapan salam pembuka dan salam
penutup dalam teks negosiasi. (menanya)
·
Secara
berkelompok peserta didik membuat kalimat persuasif. (menanya)
·
Secara
berkelompok peserta didik membuat contoh tuturan berpasangan dalam teks
negosiasi. (menanya)
Pengolahan
data
·
Secara
berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil kerja kelompoknya.
(mengasosiasikan)
·
Secara
berkelompok, peserta didik menyimpulkan
manfaat penggunaan ungkapan dan kalimat persuasif dalam melakukan
negosiasi. (mengasosiasikan)
Pembuktian
·
Salah
satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain
memberikan tanggapan.
·
Pendidik
memberikan penegasan hasil diskusi peserta didik.
|
Penutup(15 menit)
·
Membuat rangkuman
penggunaan ungkapan salam pembuka dan salam penutup, kalimat persuasif dan
tuturan berpasangan dalam teks negosiasi.
·
Pendidik
menyampaikan rencana materi pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
|
G. Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media
:
1. Video/rekaman “Negosiasi karyawan dengan Bos”
2. Teks negosiasi “Negosiasi karyawan dengan
pengusaha”.
Alat :
1.
LCD
2.
Laptop
3.
Lembar
kerja peserta didik
Sumber :
1.
Buku
Teks Bahasa
Indonesia SMA, Ekpresi Diri dan Akademik, SMA/MA Kelas X. 2013.
Kemendikbud.
2. http://www.galeripustaka.com/2013/03/pengertian-tujuan-dan-manfaat-negosiasi.html
3.
http://ulielambry.wordpress.com/2011/10/30/negosiasi/
4. Sujana, Asep ST., 2004. Retail Negotiator Guidance.
Jakarta : PT. SUN Printing
5.
Kamus
Besar bahasa Indonesia.
H. Penilaian
No
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
3.
4.
|
KI-1
dan KI-2
KI-3
KI-4
|
Observasi
Penilaian diri
Penilaian teman
Tes tulis
Portofolio
|
Lembar observasi
Kuesioner
Kuesioner
Tugas (esai)
UH
UTS (PG)
Kumpulan tugas terbaik
|
Terlampir
Terlampir dilakukan pada pertemuan
terakhir materi teks negosiasi.
Terlampir
Terlampir
Terlampir bersama KD lain
|
Instrumen:
terlampir
Batu, 6 Januari 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Pendidik
Bidang Studi,
Drs. Suprantiyo,MM Istiqomah,
S.Pd, M.Pd
NIP 19590923 198703 1 009 NIP
197001151997022003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar