Rabu, 18 Februari 2009

Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah

PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH

1. Kepemimpinan
Howard H. Hoyt seperti dikutip Kartini Kartono (2004: 57) mendefinisikan kepemimpinan sebagai seni untuk mempengaruhi tingkah laku manusia dan kemampuan membimbing orang. Robbins (2002: 163) menjelaskan bahwa kepe-mimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok untuk men-capai suatu tujuan. Widjaya menyatakan bahwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi yang dapat dilepaskan dari posisi di dalam struktur organisasi formal (1985: 25). Ralph M. Stogdill (dalam Siswanto, 1990: 177) memberikan definisi kepemimpinan sebagai sebuah proses pengarahan dan mempengaruhi aktivitas yang dihubungkan dengan tugas dari para anggota kelompok..........................
Berdasarkan berbagai pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga unsur dalam kepemimpinan yaitu (a) pengikut/followership, (b) tujuan yang akan dicapai, dan (c) tindakan mempengaruhi.
Pandangan bahwa kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi aktivitas seseorang atau kelompok yang kemudian disebut bawahan/pengikut untuk mencapai tujuan tertentujuga sesuai dengan pendapat Siswanto (1990: 177) yang menyatakan bahwa dalam pembahasan tentang pengertian kepemimpinan terdapat tiga hal yang perlu mendapatkan perhatian. Ketiga hal tersebut adalah (a) kepemimpinan harus melibatkan orang lain atau bawahan, (b) kepemimpinan mencakup distribusi otoritas yang tidak mungkin seimbang antara pimpinan dan bawahan, serta (c) kepemimpinan harus mampu mempengaruhi bawahan..............
2. Kepemimpinan Kepala Sekolah
Kepemimpinan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam manajemen berbasis sekolah. angat penting dan menetukan keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuannya.
Di negara maju kepala sekolah mendapat sebutan bermacam- macam. Ada yang menyebut guru Menurut Stoner ada delapan fungsi yang perlu dilaksanakan para manager dalam suatu organisasi, yaitu : (a). bekerja dengan dan melalui orang lain, (b). bertanggung jawab dan mempertanggungjawabkan (c). dengan waktu dan sumber yang terbatas mampu menghadapi persoalan (d). berpikir secara realistik dan konseptual, (e). adalah juru penengah, (f) adalah seorang politisi, (g) adalah seorang diplomat, dan (h) pengambil keputusan yang sulit.

3. Ciri Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif
Sergiovanni mengidentifikasikan ciri kepe-mimpinan kepala sekolah yang efektif adalah (a) Produktivitas; bagaimana peserta didik, guru, kelompok, dan sekolah pada umumnya mencapai tujuan yang telah ditetapkan; (b) Efisiensi; perbandingan individu dan prestasi sekolah dengan biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan tersebut; (c) Kulitas; tingkat dan kualitas usaha, tujuan, jasa, hasil, dan kemampuan yang dihasilkan oleh peserta didik dan sekolah; (d) Pertumbuhan; perbaikan kualitas kepedulian dan inovasi, tantangan, dan prestasi dibandingkan dengan kondisi masa lalu; .......; (w) Latihan dan pengembangan; jumlah usaha dan sumber-sumber daya sekolah yang diperuntukkan bagi pengembangan bakat dan kemampuan guru, serta pegawai lannya.

4. Perilaku Kepemimpinan
Pendekatan perilaku kepemimpinan memusatkan perhatiannya pada dua aspek yaitu (a) fungsi-fungsi kepemimpinan, dan (b) gaya-gaya kepemimpinan.
a. Fungsi-fungsi Kepemimpinan
b. Gaya-gaya Kepemimpinan
Pandangan kedua tentang perilaku kepemimpinan memusatkan pada gaya pemimpin dalam hubungannya dengan bawahan. Handoko (1999) menyatakan bahwa para peneliti telah mengidentifikasikan dua gaya kepemimpinan yaitu gaya yang berorientasi tugas (task oriented) dan gaya yang berorientasi karyawan (employee oriented).
...........dst.
Ingin mendapatkan tulisan lengkapnya?Hubungi saya di email saya atau di koment blog ini.